Bisnis Budidaya Ikan Hias

  • Mar 20, 2023
  • Admin Ciherang-Dramaga

Bogor - Punya Potensi Ekonomi Besar, Bisnis Budidaya Ikan Hias oleh Warga Desa Ciherang

https://youtu.be/NWmIgqAuEXw

Bisnis budidaya ikan hias termasuk salah satu peluang usaha yang banyak diminati oleh masyarakat karena merupakan bisnis yang terbilang cukup mudah dan menyenangkan dengan biaya perawatan yang relatif murah serta tidak membutuhkan banyak ruang untuk mengembangkannya. Selain itu, dalam budidaya ikan hias dapat memberikan keuntungan yang besar kepada pebisnis apabila ikan hias tersebut dikelola dengan baik dan memanfaatkan selera masyarakat seperti mengembangkan ikan hias yang memiliki corak dan warna yang unik. Bisnis budidaya ikan hias termasuk bisnis yang menjanjikan karena pengusaha ikan hias dapat memperoleh keuntungan tiga kali lipat dari modal awal yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Peluang usaha budidaya ikan hias ini pun ditekuni oleh salah satu warga Desa Ciherang yaitu Lukman. Lukman merupakan salah satu warga Desa Ciherang yang telah menekuni bisnis budidaya ikan hias sejak tahun 2000-an. Budi daya ikan hias yang ditekuni oleh Lukman terdiri dari sepuluh jenis ikan hias seperti Synodontis, Redtail catfish, Tiger catfish, dan masih banyak lagi. Lukman pun menuturkan bahwa dalam satu siklus beliau dapat menjual sekitar 50.000 ekor ikan hias dengan harga Rp. 6.000/ekor sehingga dalam satu kali siklus beliau dapat memperoleh pendapatan sebesar 300 juta rupiah. Ikan hias yang dibudidayakan Lukman nantinya akan dipasarkan pada beberapa wilayah di Jabodetabek. "Sekitar sepuluh jenis ikan budidaya yang diperjualbelikan di wilayah Jabodetabek, dengan omset penjualan sekitar 300 juta/siklus" ucap Lukman.

 

Selain sebagai bisnis, warga Desa Ciherang menjadikan budidaya ikan hias sebagai hobi yang menyenangkan karena di samping mendapatkan keuntungan warga Desa Ciherang juga mendapatkan ilmu mengenai teknik membesarkan, memasarkan, dan mencari jalan keluar jika ada hambatan - hambatan yang terjadi dalam bisnis ikan hias. Bisnis ikan hias bisa dijalankan secara mandiri tanpa bantuan dari orang lain, namun karena memerlukan sedikit tenaga dalam membersihkannya Lukman bekerja sama dengan warga desa lainnya. Selain itu, dengan berbisnis ikan hias secara tidak langsung warga Desa Ciherang sudah turut melestarikan ikan hias serta menghindari kepunahan ikan hias itu sendiri.